Monday, July 7, 2014

Manga Review: Completed Shounen Manga

Hei hei, ketemu aku lagi!

Sambil nungguin loading situs manga reader yang lagi aku buka (emang nasib internet pekanbaru lambatnya bikin nyembah-nyembah...), aku mau share lagi review manga-manga yang udah aku baca nih. Setelah beberapa hari kemaren aku share review manga romance dan komik NusantaRanger, sekarang aku mau nge-review 5 manga ber-genre shounen yang udah completed nih. Kenapa ngasihnya yang udah completed alias tamat? Kalau menurut aku manga-manga yang udah completed itu bacanya lebih puas, kayak baca novel aja. At least kalian gak akan dibiikin was-was apakah manganya bakal diulur-ulur sampai kiamat, yang bikin endingnya kagak jelas.

Okedeh, langsung aja yuk kita bahas!

  1. Fullmetal Alchemist

    Alkisah ada 2 orang kakak beradik Edward dan Alphons Elric yang berprofesi sebagai Alchemist Negara, ilmuwan yang mampu mengontrol materi alam sesuai hukum Alkemi dan menggunakannya untuk kepentingan militer negara. Namun mereka bukan Alchemist biasa, mereka menjadi Alchemist agar bisa mengembalikan tangan-kaki Edward serta tubuh Alphons yang hilang akibat salah satu eksperimen mereka di masa lalu. Namun di tengah petualangan mereka, mereka justru menemukan rahasia kelam dibalik kekuatan mereka, Alchemist Negara, serta masa lalu ayah mereka yang misterius! Seperti apakah kisahnya?

    Wah, ini karya klasik dari Arakawa-sensei yang menjadi bacaan wajib semua pecinta manga. Secara umum, aku bakal ngasih nilai sempurna buat manga ini. Artwork khas Arakawa-sensei yang simple dan bersih, tapi tetap lucu pas bagian komedi dan cool banget pas bagian actionnya. Dari segi story-nya juga luar biasa: latar belakang dunianya yang detail, masa lalu keluarga Elric yang bikin aku bilang "WHAAAT!", sampai romance dan konspirasi yang nyaris flawless. Memang, karya Arakawa-sensei ini nyaris gak ada dua-nya. Pokoknya Sugoooiii!!!
  2. Psyren

    Awalnya aku ngirain ini manga lumayan jadul dari artstyle-nya, ternyata ini manga lumayan baru keluarnya. Manga ini berkisah tentang petualangan Ageha Yoshina dan temannya Sakurako Amamiya yang terjebak di dunia Psyren. Psyren sendiri adalah dunia post-apocalyptic yang dihuni monster-monster yang disebut Taboo. Mereka berdua bersama petualang-petualang lainnya disebut Drifter, yang mendapat kekuatan PSI (semacam kekuatan otak, seperti telekinesis dll) dan harus mencari Nemesis Q, dalang dari dunia Psyren yang misterius dan berbahaya.

    Menurut Wikipedia, manga ini udah keluar dari tahun 2007, beda jauh dari perkiraan aku karena art style manga ini memang jadul banget, kayak manga-manga tahun 1990-an gitu. Tapi walaupun gitu art style manga ini bagus banget kok, malah menurutku manga ini sukses banget ngegambarin suasana suram dunia post-apocalyptic. Story manga ini juga bagus, dengan mengambil tema Urban Myth sama kekuatan PSI yang masih sangat misterius walaupun topik ini sudah lama jadi penelitian dunia ilmiah. Top deh!
  3. Katekyo Hitman Reborn

    Manga ini bercerita tentang kehiduan anak laki-laki bernama Sawada Tsunayoshi, Jadi si tsuna ini cupu dan lemah banget, sampai-sampai sering diejek "no-good-tsuna". Suatu hari muncullah seorang bayi yang juga pembunuh bayaran bernama Reborn. Si bayi imut-tapi-sadis ini ngasih tahu kalau Tsuna ini sebenarnya adalah pewaris keluarga Vongola, keluarga mafia terbesar di dunia, dan dia harus bersiap-siap untuk menjadi bos mafia berikutnya.

    Manga ini awalnya masuk kategori komedi slice-of-life absurd yang lucu banget. Bagaimana kisah si anak culun pewaris tahta keluarga besar mafia, si bayi pembunuh bayaran yang benar-benar jago berantem (yang akhirnua jadi tutor sekaligus mentor Tsuna), dan teman-temannya yang aneh-aneh dan lucu-lucu. Tapi makin lama, manga ini makin bergeser genre ke manga shounen mainstream lengkap dengan battle-battle seru, item-item ajaib, dan kisah-kisah heroiknya. Tapi walaupun begitu transisi ceritanya menurut aku tergolong smooth dan cukup bagus, walaupun di beberapa bagian masih agak terasa "loncat", terutama di bagian akhir-akhir. Tapi secara umum, manga ini masih tergolong elite-class dan pantes banget buat dibaca.
  4. Cage of Eden

    Manga ini sempat jadi manga favoritku. Ceritanya: Suatu hari Akira Sengoku, seorang cowok SMP biasa sedang dalam perjalanan pulang naik pesawat bareng teman-teman sekelasnya habis darmawisata ke Guam, Amerika. Ketika pesawat mereka melintas di atas Samudra Pasifik, tiba-tiba pesawat mereka jatuh ke sebuah pulau terpencil. Untung saja Akira selamat, namun dia harus menghadapi kenyataan bahwa pulau tropis terpencil tempat dia berada ternyata dipenuhi hewan-hewan buas zaman prasejarah yang memburu seluruh penumpang peswat yang selamat. Kini Akira dan teman-temannya harus mencari cara untuk bertahan hidup di pulau berbahaya tersebut dan menguak misteri pulau tersebut agar mereka bisa pulang!

    Sebenarnya manga ini sedikit bergenre horror-survival, tapi manga ini lumayan banyak porsi shounen-nya. Disamping kisah-kisah seram ketika Akira dan kawan-kawan harus menghadapi monster-monser pemakan manusia, kita juga bakal disuguhi kisah-kisah battle yang lumayan seru. Belum lagi cerita bagaimana mereka berusaha beradaptasi dengan kehidupan hutan tropis, dan justru memanfatkannya untuk bertahan hidup. Ada juga bagian-bagian thriller-psikologis ketika terjadi konflik antar penumpang yang selamat. Overall: Recommended reading!
  5. Kekkaishi

    Yoshimori Shimamura adalah pewaris profesi keluarga Shimamura sebagai Kekkaishi (arti: pengguna kekuatan Kekkai). Kekkaishi adalah semacam pendeta yang bertugas menjaga tanah sakral Karasumori (yang di zaman sekarang telah berdiri kompleks sekolah Karasumori) dari gangguan Ayakashi (iblis). Manga ini berkisah tentang petualangan Yoshimori beserta Tokine Yukimura (cewek yang dia taksir, yang berasal dari keluarga rival keluarga-nya), keluarganya, dalam menguak rahasia dibalik kekuatannya, tanah sakral Karasumori, termasuk masa lalu keluarganya sendiri!

    Manga ini jalan ceritanya simple tapi di saat yang sama bisa bikin kamu tenggelam sama ceritanya. Kekuatan Kekkaishi yang kelihatannya simple di chapter-chapter awal, ketika semakin lama cerita berkembang, menjadi semakin menarik melihat potensi kreatifitas penggunaannya. Apalagi saat background dibalik kekuatan mereka dikupas di chapter-chapter lanjutan, tiba-tiba saja kamu gak akan bisa stop. Belum lagi kisah tentang kehidupan komunitas supernatural Jepang yang menarik banget. Aku asli tenggelam ngikutin alur ceritanya!
Oke, itu dulu review dari aku kali ini. Sebelumnya aku minta maaf banget ya kalau review ini masih jelek dan banyak salah-salahnya (aku baru nyadar pas baca ulang review-review aku yang kemaren. Kayaknya review aku kemaren-kemaren masih belum enak dibaca ya?). Kalau kalian ada kritik, saran, masukan, atau cuman mau komentar sebagai sesama manga-lover, jangan ragu-ragu buat komen di bawah sini! Oke-oke? Thanks ya semua! ^_^

No comments:

Post a Comment