Wednesday, July 2, 2014

Review Manga: Romance

Hai semua! Buat yang belum, salam kenal namaku Steel Heart. Mungkin ini bakal jadi tulisan pertamaku di blog ini. Sebenarnya aku ada sih blog-blog sebelumnya, namun karena satu dan lain hal (baca: malas, mager, gak semangat, de el el), aku memutuskan buat membuat blog baru (just count it as a fresh start. At least something fresh is always the best right? :D).

Di tulisan pertama ini aku bermaksud untuk men-share review tentang 5 dari beberapa manga ber-genre romance yang aku recommended. Kenapa manga? Well to be honest, aku juga belum bener-bener ngerti kenapa aku doyan banget sama yang namanya manga. Sejak kenal dengan situs-situs manga reader macam mangapark.com, mangahere.com, mangafox.com, aku sudah ketagihan yang namanya baca manga. Kayaknya udah gak kehitung manga yang udah aku baca, sampai aku lupa apa aja manga yang udah aku baca. Tapi kalau kalian punya manga yang kalian baca dan jarang orang lain yang baca, coba aja ngobrol sama aku. 80% kemungkinan aku tahu manga itu (minimal pernah baca dikit lah).

Nah, karena kegemaran aku itu, aku bakal berusaha buat kedepannya secara teratur membuat review komik-komik yang sudah, sedang dan (mungkin) akan aku baca. Pastinya aku berusaha cuman buat membuat review komik-komik yang (setidaknya menurut pendapatku), berkualitas dan direkomenasikan buat di baca.

Terus kenapa genre romance? First, yang perlu diluruskan di sini adalah, AKU INI COWOK. Dan lebih spesifik ini, AKU INI STRAIGHT (baca: heteroseksual), dan aku juga bukan tipe cowok-cowok mentel melambai-lambai (no offense to any of you guys). Aku ini cowok asli, doyan baca naruto (dan puluhan manga shonen lain yang males aku sebut satu-satu di sini :P ), dan anti yang namanya alay, lebay, cabe-cabean, apapun yang sebangsa itu lah. Tapi bagi aku manga-manga romance ini gak selamanya identik dengan sesuatu yang 'mentel' atau 'melambai-lambai'.

Awalnya sebagaimana anak-anak cowok yang lain aku itu anti banget segala macama bacaan yang berbau "cinta". Pokoknya kalau nemu komik yang tulisannya tentang "cinta", pasti langsung mikirnya "ih, gak jantan banget ini komik". Tapi setelah baca beberapa komik bergenre romance (terutama setelah tercebur dunia otaku gara-gara nonton anime "Angel Beats" sama "Lelouch the Rebellion" :v), aku pun berubah pikiran dan mulai objektif. Ternyata beberapa komik/manga ber-genre romance ada juga kok yang bagus, bagus banget malah, sehingga bakal aku rekomendasiin di sini.

Yang perlu digaris bawahi di sini adalah mayoritas manga-manga ber-genre 'romance' yang aku (mungkin) bakal review di sini masuk ke genre 'shonen', artinya romance-romance di sini adalah romance-romance yang friendly, kalau gak bisa dibilang emang dibuat buat cowok. Kalau kalian pernah dengar, atau malah ngebaca komik-komik genre 'shoujo', maka aku minta maaf karena aku gak masuk kategori penggemar manga-manga macam gitu (info: shoujo itu artinya kira-kira "remaja putri", sedangkan shounen itu "remaja putra").

Oke, intro-nya kayaknya udah kepanjangan (sori kalau kepanjangan curhatnya. namanya juga postingan pertama :D). Jadi kita langsung joss aja ya?

WARNING: Tambahan penting yang nyaris aku lupa, beberapa komik/manga yang ber-genre romance zaman sekarang itu identik dengan "ecchi" (agak nyerempet-nyerempet p***o). Aku jelas bukan orang yang merekomendasikan bacaan-bacaan semacam gitu, so aku ngasih warning nih di sini. Read at your own risk! Ambil hikmahnya aja ya?

  1. Uwagaki (status: completed)

  2. Manga ini tergolong pendatang baru, dan baru-baru ini juga baru aja tamat. Ceritanya cukup simple. Manga ini berkisah tentang cowok sekolahan bernama Ajio yang ngebet sama temen sekelasnya Chiaki. Suatu hari mereka berdua dapat tugas piket kelas habis sekolah dan Chiaki ngelabrak Ajio kalau dia tau Ajio suka sama dirinya, dan bilang biar dia nyerah aja karena dia udah punya pacar. Tiba-tiba muncullah salah satu sensei-nya, yang menawarkan eksperimen gila kepada mereka: sensei tersebut bakal membuat copy-an dari chiaki tapi tanpa memori tentang pacarnya, dan Ajio harus berusaha membuat Copy-an dari chiaki tadi jatuh cinta! Dan yang lebih gilanya nanti, setelah beberapa waktu, si sensei ini bakal ngebandingin tingkat cinta chiaki dan copy-annya, dan yang tingkat cintanya lebih rendah bakal ketimpa memori-nya dengan yang menang!

    Secara umum ceritanya ini awanya cenderung biasa dan bisa ditebak. Tapi beberapa twist di tengah cerita membuat manga ini patut di acungin jempol. Berhubung chapternya gak terlalu banyak, dan ceritanya cenderung "Happy Story", manga ini bisa jadi selingan yang worth it buat kalian!

  3. Good Ending (status: completed)

  4. Ceritanya tentang Utsumi, cowok biasa yang diem-diem naksir sama salah satu kakak kelasnya. Tapi karena si cowok ini pemalu banget dan gak punya pengalaman sama cewek, dia gak pernah berani ngungkapin perasaannya. Tiba-tiba muncul lah Yuki Kurogawa, cewek cantik yang berbaik hati buat ngebantuin perjuangan cinta si cowok ini. Alasannya Yuki ini awalnya cuman penasaran aja buat ngebantuin Utsumi, tapi karena keseringan deket-deketan berdua, Yuki malah jadi jatuh hati sama Utsumi! Padahal tanggal yang udah direncanain buat nembak kakak kelasnya  Utsumi tadi sudah semakin dekat. Apa yang bakal dilakukan Utsumi?

    Manga ini agak-gaka echi (tapi dikit kok), dan sedikit "depressing", tapi cerita romance-nya lumayan menohok dan bagus banget buat dibaca. Flashback dan twist yang bikin geleng-geleng kepala plus gregetan sama karakter-karakternya menjadi nilai plus banget. Penasaran? Baca sendiri! :v

  5. Mysterious Girlfriend-X (status: ongoing)

  6. Manga ini tenyata sama misteriusnya sama judulnya. Berkisah tentang seorang cowok sekolah (Akira Tsubaki) dan cewek sekelasnya (Urabe Makoto) yang misterius. Suatu hari dia menemukan bekas iler Urabe di meja sekolah Urabe dan entah kenapa Tsubaki ini jadi penasaran buat nyobain iler cewek itu (asli ceritanya kayak gitu!). Seminggu kemudian dia jatuh sakit dan Urabe datang ke rumahnya buat ngasih tahu kalau seminggu Tsubaki gak nyobain ilernya, dia bakal sakit lagi. Dan itu gara-gara si cowok jatuh cinta sama dia!

    Kalau kalian baca review tadi, pasti kalian bakal mikir kalau manga ini pasti "jorok", atau "jijik". Well, kisah cinta yang berhubungan dengan "iler" memang langka (memang gak ada yang lain sih setahu aku), tapi setelah baca beberapa chapter aku jelas jatuh cinta sama ceritanya. Bagaimana seorang cowok belajar "mencintai" pacarnya yang serba aneh tapi punya banyak poin yang bikin dia sangat "lovable". Cerita yang sangat sweet, dan jauh dari image "jijik", apalagi "fetish" (gak usah mikir yang aneh-aneh lah). Buat awal-awal mungkin perlu agak mikir, tapi seterusnya aku yakin kalian bakal menikmati ceritanya. Top banget lah pokoknya!

  7. Yandere Kanojo (status: ongoing)

  8. Nah, manga ini juga aneh banget tapi lumayan sweet. Ceritanya tentang seorang cowok teladan (Tanaka Manabu) dan cewek berandal (Reina Ryuuzaki). Suatu hari dua anak manusia dari beda dunia ini berpapasan dan langsung jatuh cinta. Dimulailah petualangan cinta penuh kegilaan dua makhluk yang gak kompatibel sama sekali ini. Mulai dari bagaimana mereka berdua saling berhubungan (Tanaka yang pendiam dan kalem serta Reina yang energik, urakan, dan jago berantem), bertemu dengan keluarga masing-masing, sampai kisah cinta temen deket mereka! Komplit deh pokoknya!

    Manga ini memang campur sari banget. Secara umum manga ini tergolong manga 4-koma (komik dengan 4 panel yang berturut-turut dari atas ke bawah, biasanya punya cerita yang terpisah-pisah, banyak digunakan sama manga-manga ber-genre komedi). Genrenya komedi, tapi di beberapa bagian justru "gelap" banget (malah karakter komiknya sendiri yang ngomong gitu -_-). Anyway, ini komik bagus banget lah.

  9. Horimiya (status: ongoing).

  10. Kyoko Hori adalah cewek yang memiliki 2 kehidupan yang berbeda. Di sekolah dia adalah anak populer yang supel dan gaul sama teman-temannya. Tapi di rumah di adalah anak yang harus menjadi sosok ibu bagi adik-adiknya. Suatu hari di secara tidak sengaja bertemu dengan salah satu cowok dari kelasnya (Izumi Miyamura) ketika dia sedang dalam mode "rumahan". Alih-alih merasa rahasianya terbongkar, ia justru kaget mengetahui si cowok yang di sekolah bertampang "Otaku" ternyata sangat gaul di luar sekolah, bahkan sampai punya tindik di telinganya! Dimulailah kisah manis antara 2 insan yang memiliki rahasia masing-masing ini.

    Manga ini termasuk kategori manga slice-of-life yang lumayan ringan tapi sweet banget buat dibaca. Bumbu-bumbu tentang bagaimana perkenalan Miyamura dengan keluarganya Hori-san, kecemburuan Hori-san, sampai bagaimana Miyamura menghadapi hobby Hori yang penggemar film horor level hardcore, bener-bener bikin suasana happy. Bacaan yang bagus buat semua golongan.

Oke, mungkin ini aja review pertamaku di blog ini. Gak kerasa, ternyata bikin review macam gini gampag-gampang susah (aku butuh nyaris 2 jam buat nulis sependek ini :'(  ). Tapi Insya Allah tulisan ini bakal ada lanjutannya kok. Oke2? Semoga bisa jadi bahan bacaan yang bagus. Selamat menikmati! ^_^

2 comments:

  1. Wah dah lama ngga ngikutin Yandere Kanojo... masih sinting ya itu berdua? XD

    ReplyDelete
  2. Hahaha, sekarang lagi bagian yang serius-seriusnya sih. Lagi ngebahas masa lalu si keluarga Manabu. Tapi karena dari sononya manganya udah comedy, ya tetap aja ada sinting-sintingnya. wkwkw :V

    ReplyDelete