Wednesday, July 2, 2014

Review Komik Indonesia: Nusantaranger

Hoh, setelah tadi malem aku bikin review, tiba-tiba aku jadi ngebet buat bikin review lain lagi nih. Cuman kali ini aku mau bikin review komik asli Indonesia: NusantaRanger.

Nusantaranger adalah cerita tentang lima pemuda Indonesia yang diberi kekuatan khusus dari lima pulau besar di Indonesia untuk melawan Kelana, entitas jahat yang ingin menguasai Marcapada. Berangkat dari kekhawatiran kami terhadap kurangnya sosok yang bisa menjadi panutan untuk anak-anak yang asli dari Indonesia. Amerika punya tokoh seperti Superman, Batman, Spider-Man. Jepang juga tidak kalah banyaknya. Indonesia saat ini boleh dibilang sangat kekurangan (kalau tidak boleh dibilang tidak punya) sosok itu, maka Nusantaranger mencoba hadir untuk mengisi kekosongan itu.

Kami memakai format Power Rangers, karena kami rasa format itu cocok untuk menggambarkan Indonesia dengan semangat gotong royong dan kebersamaannya. Selain daripada itu kami ingin memperkenalkan budaya Indonesia yang beragam secara pop, agar bisa dinikmati banyak orang.
(Intro dari NusantaRanger.com)
Siluet 5 NusantaRanger yang bikin penasaran

Tato 5 ranger yang Sugooiii


 NusantaRanger adalah komik buatan kawan-kawan komikus Indonesia. Komik ini bisa dibaca gratis di Nusantaranger.com, dan terbit chapter baru tiap tanggal 1 dan 16 tiap bulannya.

Jujur, gak banyak info yang aku dapat tentang komik ini (setidaknya belum), tapi komik ini lumayan menjanjikan. Ide tentang 5 ranger yang mewakili 5 pulau besar di Indonesia (Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua) dan 5 satwa unik yang menjadi "Avatar" nya (Harimau Sumatra, Elang Jawa, Orangutan, Anoa Sulawesi, dan Hiu Gergaji Papua), benar-benar menarik dan pantas buat disimak.

Secara umum, aku sebelumnya bukan pengikut komik/manga genre tokusatsu (manga tokusatsu lain yang pernah aku baca cuma "ULTRAMAN" karya Eiichi Shimizu) dan komik ini jadi komik tokusatsu yang pertama aku baca. Tapi para pembuat komik ini patut di acungi jempol dengan membrikan background story yang unik buat masing-masing tokoh utamanya (setidaknya buat 3 tokoh yang sudah keluar ceritanya). Nuansa konspirasi dari para pengikut kelana yang lumayan dalam dan saling berkaitan menunjukkan keseriusan pembuatan komik ini.

Secara umum kekuatan utama komik ini ada pada idenya yang fresh dan keseriusan pengerjaannya yang patut diberi hormat (lebih baik dari mayoritas komik komersil yang pernah aku baca, padahal setahu aku hingga kini proyek ini non-profit). Dari segi art dan ilustrasinya kategorinya menengah namun tidak jelek. Style-nya juga terlihat berusaha mencerminkan style komik Indonesia (detail muka yang tidak manga-ish, detail background yang cenderung kasar tapi realis, dll). Secara umum komik ini patut dibaca semua manga/komik lover Indonesia.

Sukses buat NusantaRanger!

5 hewan yang jadi ikon masing-masing ranger


Link: www.nusantaranger.com


No comments:

Post a Comment